Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Kekebalan Tubuh: Contoh Pertanyaan + Kunci Jawaban

Soal (Esai)

1. Tuliskan Jenis jenis vaksin berdasarkan jenis antigen yang terkandung di dalamnya!


a. Toksoid yaitu larutan toksin diubah melalui perlakuan-perlakuan kimia dan fisika sehingga tidak bersifat racun lagi terhadap tubuh.
b. Bakteri atau virus yang sudah dimatikan oleh sinar ultraungu, pemanasan, atau secara kimia, misalnya vaksin Salk pencegah kelumpuhan pada anak-anak karena polio.
c. Bakteri atau virus yang sudah dilemahkan sehingga hanya menimbulkan infeksi ringan dalam waktu singkat, misalnya, vaksin cacar, tuberkolosis,antraks, dan vaksin Sabin pencegah polio.
d. Antigen yang telah dipisahkan dari kuman penyebab penyakit tertentu, misalnya antigen yang diperoleh dari bakteri penyakit pneumonia.

2. Hal apa saja yang kamu ketahui tentang immunitas?


Imunitas dapat dibedakan menjadi imunitas alami dan imunitas buatan.
1. Imunitas alami
Imunitas alami, yaitu kekebalan yang sudah dimiliki seseorang sejak lahir. Imunitas alami misalnya kekebalan manusia terhadap penyakit-penyakit hewan atau dikenal sebagai kekebalan spesies walaupun ada juga penyakit hewan yang dapatmenular pada manusia, misalnya penyakit tuberkolosis dari sapi yangditularkan melalui susu sapi, penyakit antraks dari biri-biri dan sapi serta beberapa penyakit lainnya.
2. Immunitas buatan
Imunitas buatan, yaitu kekebalan yang diperolehs eseorang selama hidupnya, imunitas ini dapat dibedakan lagi menjadiimunitas aktif dan imunitas pasif. Timbulnya imunitas aktif disebabkan olehadanya rangsangan antigen tertentu dari kuman atau benda asing yang masukke dalam tubuh secara kebetulan atau sengaja sehingga tubuh menghasilkanantibodi tertentu pula sesuai dengan antigen yang harus dilawan. Masuknya antigen secara kebetulan, misalnya karena terinfeksi kuman penyakit campak, cacar air, atau gondong. Vaksinasi” digunakan untuk menyatakan upaya tubuh mem- bangkitkan kekebalan terhadap suatu penyakit secara sengaja, yaitu denganmemasukkan antigen tertentu ke dalam tubuh. Antigen yang sudah tidakmembahayakan inti disebut vaksin.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan memori imunologis!


Bagian dari sistem kekebalan tiruanyang memberikan perlindungan kepada inangnya denganmelakukan respon yang lebih cepat dan lebih efektif terhadap infeksiyang ditimbulkan oleh antigen dari jenis yang sebelumnya pernah melakukan infeksi akut. Kemampuan untuk mengingat mekanisme perlawanan terhadap infeksi akut tersebut bersifat spesifik, satu sel akan mengingat satu jenis antigen. Dan kemampuan ini akan bertahan sangat lama.

4. Apakah ciri-ciri dari imunoglobulin E ?


– Disekresikan oleh sel plasma di kulit, mukosa dan tonsil
– Mengakibatkan sel melepaskan histamin dan berperan dalam reaksi alergi.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hipersensitivitas!


Reaksi berlebihan, tidak diinginkan (merusak, menghasilkan ketidaknyamanan, dan terkadang berakibat fatal) yang dihasilkan oleh sistem kekebalan normal.

6. Bagaimana mekanisme kekebalan bawaan terhadap tubuh? 


Imunitas bawaan adalah sistem kekebalan tubuh sendiri, yang selalu tersedia untuk melindungi tubuh. Ketika patogen memasuki tubuh, mereka dengan cepat diserang oleh komponen dari sistem pertahanan dan dibu.nuh pada waktu yang sama. Ini adalah baris pertama pertahanan dalam kebanyakan tanaman dan hewan.